Fri. Dec 2nd, 2022

Bank Indonesia mencatat jumlah uang beredar (M2) pada Maret 2022 sebesar Rp7.810,9 miliar. Jumlah uang beredar tumbuh 13,3% setiap bulan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Erwin Haryono, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, mengatakan kenaikan tersebut didorong oleh pertumbuhan M1 sebesar 18,7% (yoy) dan pertumbuhan uang kuasi sebesar 6,9% (yoy).

Peningkatan pertumbuhan M2 pada Maret 2022 juga akan dipengaruhi oleh berlanjutnya akselerasi penyaluran kredit,” kata Erwin dalam keterangan pers di Jakarta hari ini.

Penyaluran kredit meningkat sebesar 6,4% (yoy) pada Maret 2022. Angka ini juga naik dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 6,1% (yoy)

Sementara itu, ekspansi keuangan publik melambat, tercermin dari penurunan pertumbuhan tagihan bersih pemerintah pusat menjadi 27,9% yoy, di bawah pertumbuhan Februari yoy 2022.

Di sisi lain, aset eksternal bersih menyusut 1,5% yoy, berbanding terbalik dengan bulan sebelumnya yang tumbuh positif sebesar 1,4% yoy,” tambah Erwin.

Uang dalam arti luas terdiri dari uang dalam arti sempit dan uang kuasi. Uang dalam arti sempit meliputi uang bukan bank dan BPR, giro rupiah, dan uang listrik.

Uang kuasi, di sisi lain, termasuk deposito berjangka, rekening tabungan, rekening giro saham, dan surat-surat berharga selain saham.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *