Sat. May 21st, 2022

Transportasi Budi Karya Sumadi mengatakan pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Minggu (5/8) menandai rekor tertinggi sejak pandemi. 1.130 penerbangan dan 150.000 penumpang terdaftar.

“Itu belum terjadi sejak pandemi,” kata Budi saat meninjau Terminal 2 Bandara Soetta, seperti dikutip Antara, Minggu (8/5).

Sekitar 40 persen dari semua lalu lintas udara dan penumpang melewati Terminal 2. “Ada sekitar 570 penerbangan di sini dan setidaknya sekitar 3.500 orang per jam,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia meminta seluruh pemangku kepentingan di bidang penerbangan, baik operator bandara, maskapai penerbangan maupun pihak independen lainnya, untuk mempersiapkan dengan baik pelayanan dan penanganan kedatangan dan keberangkatan agar berjalan lancar.

“Saya sudah minta Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen AP II, untuk memantau langsung kedatangan penumpang di puncak arus hingga malam ini,” ujarnya.

Ia juga tak pernah lelah menghimbau kepada masyarakat untuk menunda perjalanan pulang hari ini agar tidak terlalu padat dan membuat perjalanan lebih nyaman. “Orang-orang yang belum pulang belum pulang malam ini. Pulanglah besok atau pada saat Lebaran Ketupat Selasa depan. Perjalanan akan lebih nyaman,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto menyatakan akan memantau dan memastikan pelayanan kedatangan berjalan dengan baik di puncak arus balik.

“Dengan pergerakan 3.500 orang per jam, sekitar 10.000 tas atau koper diproduksi per jam. Ini harus dilayani dengan baik,” kata Novie.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.