Wed. Feb 8th, 2023

Sekitar 10 hektare lahan sawah milik warga di Desa Sungai Rumpun, Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, Jambi, tertimbun lahar hujan Gunung Kerinci. Lahar hujan turun ke kawasan itu menyusul erupsi gunung tertinggi di Pulau Sumatera itu belakangan ini.

“Sawah dan Sungai Rumpun ini memang jalur aliran lahar dingin dari Gunung Kerinci. Sehingga jika ada erupsi Gunung Kerinci yang mengeluarkan abu vulkanik jika hujan dan banjir maka lahar masuk ke desa kami,” kata Kepala Desa Sungai Rumpun Herman di Kerinci, Selasa (17/1).

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Aliran lahar dingin yang menimbun persawahan warga ini karena jalur sungai yang membelah desa tersebut dangkal. Selain sawah, lahar dingin juga menimbun aliran Sungai Rawa Bento.

“Untuk kali ini erupsi mulai sebulan lalu, setiap hujan atau banjir membawa lahar dingin dari puncak Gunung Kerinci. Jalur sungai yang dangkal menyebabkan lahar dingin melimpah ke areal persawahan lebih kurang 10 hektare sudah tertimbun lahar dingin,” katanya seperti dilansir Antara.

Herman menyebutkan saat ini aktivitas warga bertani seperti biasa. Hal ini disebabkan area persawahan yang tertimbun lahar hujan itu berada di ujung muara.

“Kalau untuk sawah yang di ujung muara terkena limpahan lahar dingin tanahnya nggak bisa digarap,” jelas Herman sembari menyatakan kawasan permukiman warga tidak terkena lahar hujan.

Aparat desa telah menyampaikan kondisi itu kepada Pemkab Kerinci. Menurut informasi yang didapatnya, dinas terkait akan melakukan pengecekan ke lokasi yang tertimbun lahar hujan.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Dia berharap ada bantuan pemerintah untuk menormalisasi dan membangun turap sungai dan sabodam penyaringan lahar hujan lebih kurang 250 hektare.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kerinci Zainal Effendi mengakui pihaknya sudah menerima informasi itu dari pemerintah desa dan warga Sungai Rumpun.

Selanjutnya, Pemkab Kerinci menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan pengecekan ke lapangan serta melakukan koordinasi terkait apa yang akan dilakukan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *